Kisi-Kisi Soal Akhir Semester Kelas 4
KISI-KISI
SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR TAHUN (ASAT)
MADRASAH
IBTIDAIYAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA
TAHUN
PELAJARAN 2024/2025
Mata
Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester : IV /
II
JumlahSoal : 40 Soal
No |
Capaian Pembelajaran |
Materi |
Indikator Soal |
No. Soal |
Bentuk Soal |
Kunci Jawaban |
|||||
PG |
PGK |
B-S |
Menjodohkan |
Isian |
Essay |
||||||
1 |
●
memahami tujuan dan pesan yang
disampaikan penulis dalam tulisannya. ●
mencari dan menggunakan informasi
dari beragam sumber ●
memahami dan menggunakan tanda baca
dalam penulisan angka atau nilai uang ●
memahami dan menulis teks prosedur. ● mengidentifikasi
dan memahami kata-kata baru pada teks; ● menuliskan
laporan perjalanan; ● menggunakan
kalimat efektif; ● mengidentifikasi
unsur-unsur, isi, amanat, serta majas personifikasi dan metafora dalam puisi
yang disimak; ● mengidentifikasi informasi dalam syair
lagu yang disimak ● mengidentifikasi kalimat langsung dan
tidak langsung dalam teks ● menentukan
informasi berupa fakta dan opini ● menyampaikan
perbandingan ide pokok, informasi, dan simpulan dari dua teks yang berbeda. ● mengidentifikasi
tokoh, permasalahan, dan informasi dalam cerita. |
Syair Lagu Penulisan nilai uang Kosakata Kalimat langsung Kalimat tidak langsung Teks prosedur Kalimat efektif Laporan perjalanan Gambar pada teks |
Disajikan sebuah syair
lagu untuk menjawab soal nomor 1 – 5.
Peserta didik dapat
menentukan dengan tepat makna kata dari salah satu kata yang terdapat
pada syair lagu tersebut. Peserta didik dapat
menentukan dengan tepat isi dari syair lagu tersebut. Peserta didik dapat menentukan
dengan tepat rima pada bait pertama
syair lagu tersebut. Peserta didik dapat
menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi syair lagu tersebut. Peserta didik dapat
menentukan dengan tepat pesan moral yang terdapat dalam syair lagu
tersebut. Peserta didik dapat
menentukan dengan tepat penulisan nilai uang dari 4 pilihan jawaban
yang tersedia. Disajikan kalimat yang
masih rumpang, peserta didik dapat menentukan kata yag tepat (nenek moyang)
untuk melengkapi kalimat tersebut. Disajikaan kalimat tidak
langsung, peserta didik dapat menentukan kalimat langsung dengan tepat
dari kalimat tidak langsung yang disajikan. Disajikaan kalimat
langsung, peserta didik dapat menentukan kalimat tidak langsung dengan
tepat dari kalimat langsung yang disajikan. Disajikan teks
prosedur rumpang untuk menjawab soal nomor 10 dan 11. Peserta didik dapat
menentukan isi teks prosedur yang disajikan dengan tepat. (Teks tersebut
adalah prosedur cara …. ) Peserta didik dapat
mengisi bagian yang rumpang dengan tepat dari teks prosedur tersebut. Peserta didik dapat
menentukan kalimat efektif
dengan tepat dari empat pilihan tersedia. Disajikan satu kalimat
tidak efektif, peserta didik dapat menentukan dengan tepat bentuk kalimat
efektif dari kalimat tersebut. Disajikan kutipan laporan
perjalanan bagian isi untuk menjawab soal nomor 14 dan 15. Peserta didik dapat
menentukan dengan tepat bagian dari laporan tersebut. Peserta didik dapat
menentukan ilustrasi gambar yang tepat dengan teks kutipan laporan perjalanan
tersebut. |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 |
√ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ |
|
|
|
|
|
b a c d c b a b c b d c a b a |
2 |
|
Kalimat efektif Majas Kalimat langsung dan tidak langsung Fakta Opini |
Peserta didik dapat
menentukan dua kalimat efektif dengan tepat. Peserta didik dapat
menentukan dua kalimat yang menggunakan majas metafora dengan tepat. Peserta didik dapat menentukan
dua kalimat langsung dengan tepat. Peserta didik dapat
menentukan dua informasi yang termasuk ke dalam fakta dengan tepat. Peserta didik dapat
menentukan dua informasi yang termasuk ke dalam opini dengan tepat. |
16 17 18 19 20 |
|
√ √ √ √ √ |
|
|
|
|
16. a-b 17. a-c 18. b-c 19. c-d 20. a-d |
3 |
|
Teks yang memuat informasi Isi teks Fakta Opini Simpulan Makna kata |
Disajikan teks sederhana
yang memuat informasi untuk menjawab soal nomor 21-25. Peserta didik dapat
menentukan isi dari teks yang disajikan benar atau salah. Peserta didik dapat
menentukan contoh informasi yang berupa fakta pada teks yang disajikan benar
atau salah. Peserta didik dapat
menentukan informasi yang berupa opini dari teks yang disajikan benar atau
salah. Peserta didik dapat
menentukan simpulan dari teks yang disajikan benar atau salah. Peserta didik dapat
menentukan arti dari salah satu kata yang ada dalam teks tersebut benar atau salah. |
21 22 23 24 25 |
|
|
√ √ √ √ √ |
|
|
|
Salah Benar Benar Salah Benar |
4 |
|
|
Disajikan 5 pilihan jawaban kata penghubung antarkalimat untuk
menjawab soal nomor 26 – 30. Disajikan
dua kalimat, peserta didik dapat memasangkan dengan tepat satu kalimat yang
masih rumpang dengan kata penghubung antarkalimat yang sesuai. Disajikan
dua kalimat, peserta didik dapat memasangkan dengan tepat satu kalimat yang
masih rumpang dengan kata penghubung antarkalimat yang sesuai. Disajikan
dua kalimat, peserta didik dapat memasangkan dengan tepat satu kalimat yang
masih rumpang dengan kata penghubung antarkalimat yang sesuai. Disajikan
dua kalimat, peserta didik dapat memasangkan dengan tepat satu kalimat yang
masih rumpang dengan kata penghubung antarkalimat yang sesuai. Disajikan
dua kalimat, peserta didik dapat memasangkan dengan tepat satu kalimat yang
masih rumpang dengan kata penghubung antarkalimat yang sesuai. |
26 27 28 29 30 |
|
|
|
√ √ √ √ √ |
|
|
Namun Setelah itu, Bahkan, Selain itu, Oleh karena itu, |
5 |
|
Opini Jenis-jenis cerita Majas pada puisi Fakta Rima pada syair lagu |
Peserta didik dapat
menuliskan istilah untuk sikap atau pendapat
seseorang mengenai sebuah keadaan dengan
tepat. Disajikan kalimat yang
memakai kata cerbung, peserta didik dapat menuliskan akronim dari cerbung
dengan tepat. Disajikan dua larik
puisi, peserta didik dapat menuliskan dengan tepat jenis majas
pada larik puisi tersebut. Disajikan informasi/kalimat
yang mengandung fakta, peserta didik dapat menulis jenis kalimat tersebut dengan tepat. Disajikan satu bait syair
lagu, peserta didik dapat menuliskan
rima yang digunakan pada syair lagu tersebut. |
31 32 33 34 35 |
|
|
|
|
√ √ √ √ √ |
|
opini cerita bersam-bung majas personifikasi fakta a-b-a-b |
6 |
|
Teks yang memuat informasi Tokoh Kalimat Langsung Fakta dan opini |
Disajikan dua teks sederhana tentang Kesehatan untuk menjawab
soal nomor 36-38! Peserta didik dapat
menuliskan persamaan dan perbedaan dari kedua teks tersebut dengan
benar. Peserta didik dapat menuliskan tokoh yang terdapat pada salah satu
teks yang disajikan dengan benar. Peserta didik dapat
menuliskan permasalahan yang terjadi pada salah satu teks yang
disajikan dengan benar. Peserta didik dapat
menuliskan kalimat langsung dengan benar dari kalimat tidak langsung
yang disajikan. Peserta didik dapat
menuliskan kalimat yang berupa fakta dan opini masing-masing
satu kalimat dengan benar. |
36 37 38 39 40 |
|
|
|
|
|
√ √ √ √ √ |
|
Komentar
Posting Komentar