RPS Bahasa Indonesia
|
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA Jln.
K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur Kota
Tanggerang Selatan, Banten |
|||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
Bobot (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
||||
Bahasa Indonesia (MKU) |
Xx |
3 |
xx |
xx |
||||
OTORISASI |
Dosen Pengampu Mata Kuliah |
Gugus Kendali Mutu |
Ka Prodi |
|||||
Xx |
xx |
Xx |
||||||
CPL |
Sikap: S3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban
berdasarkan Pancasila; S4. Berperan sebagai warga
negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki
nasionalisme serta rasa tanggung
jawab pada negara dan bangsa; Pengetahuan PP14. Menguasai pengetahuan bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai EYD. Keterampilan Umum: KU11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk
keperluan pertanggungjawaban layanan dan pengembangan profesi melalui riset. KU12. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran
secara mandiri KU13. Mampu berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan profesi atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang
profesinya KU15. Mampu dan terampil dalam menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tulisan Keterampilan Khusus: Mampu dan terampil dalam menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tulisan |
|||||||
Deskripsi Singkat MK |
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswi untuk dapat mengeksplorasi teks akademik dalam genre makro, menjelajah dunia pustaka, mendesain proposal penelitian dan proposal
kegiatan, dapat melaporkan hasil
penelitian dan hasil kegiatan,
serta dapat mengaktualisasi diri melalui artikel ilmiah |
|||||||
Bahan Kajian |
1.
Pertemuan
Awal: Pembagian Kelompok 2.
Sejarah
Bahasa Indonesia 3.
Ragam
Bahasa Indonesia 4.
Ejaan
yang Disempurnakan (EYD) 5.
Kalimat dan Kalimat Efektif 6.
Paragraf 7.
Topik, Tema, Judul, dan Kerangka Karangan 8.
UTS 9.
Karya Ilmiah 10. Makalah Ilmiah 11. Proposal Ilmiah 12. Kutipan, Catatan Kaki, dan Daftar Pustaka 13. Opini dan Fakta 14. Resensi 15. Diksi dan Gaya Bahasa Jurnalistik 16. UAS |
||
Pustaka |
Utama : |
|
|
1. Ditjenbelmawa (2019). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi Cetakan I. Jakarta: Kemenristekdikti 2. Muttaqillah, Ahmad (2021). Bahasaku Bahasa Indonesia.
Tangerang: Wafi Media Tama. 3.
Nuryani, Rina dan Khaerunnisa. (2018). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Surakarta: Chalief Press 4.
Setiawati E., Dewi KP., Budiana N. (2017). Bahasa Indonesia Akademik. Malang: UB Press 5.
-----------------------. (2016).
Pedoman Umum Ejaan Bahasa
Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (download di http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/PUEBI.pdf) |
|||
Pendukung : |
|
||
1.
Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
RI 2.
Awalludin. (2017). Pengantar Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Deepublish 3.
Wahyudi,
Isnaeni Praptanti, & Bivit Anggoro Prasetyo Nugroho. (2017). Bahasa
Indonesia Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit Andi 4.
Sobariah, Engkay. (2016). EYD dan Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Hyphen Publishing 5.
Prima Gusti Yanti, Fairul Zabadi & Fauzi Rahman. (2016). Bahasa
Indonesia, Konsep Dasar dan Penerapan.
Jakarta: Grasindo |
|||
Media Pembelajaran |
Perangkat lunak : |
Perangkat keras : |
|
Jika Online via Google Meet dan e-campus |
Laptop |
||
Team Teaching |
- |
||
Matakuliah Syarat |
- |
||
Spirit Islam:
Al-hujurat:6 |
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنْ جَاۤءَكُمْ فَاسِقٌۢ بِنَبَاٍ
فَتَبَيَّنُوْٓا اَنْ تُصِيْبُوْا قَوْمًا ۢ بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوْا عَلٰى
مَا فَعَلْتُمْ نٰدِمِيْنَ ٦ |
||
|
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA Jln.
K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur Kota Tanggerang Selatan, Banten |
||||||||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
|||||||||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
Bobot (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
|||||||||||
Bahasa Indonesia (MKU) |
Xx |
3 |
xx |
xx |
|||||||||||
OTORISASI |
Dosen Pengampu Mata Kuliah |
Gugus Kendali Mutu |
Ka Prodi |
||||||||||||
Xx |
|
xx |
|||||||||||||
Mg Ke- |
CPMK (sbg kemampuan akhir yg diharapkan) |
Indikator |
Bahan Kajian |
Metode Pembelajaran |
Estimasi Waktu (Menit) |
Pengalaman Belajar |
Kriteria & Teknik Penilaian |
Bobot Penilaian (%) |
|||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
|||||||
1 |
Memahami
cara Mengeksplorasi Teks Akademik
dalam Genre Makro |
Mahasiswa dapat menjelaskan cara Mengeksplorasi Teks
Akademik dalam Genre Makro secara
tepat |
|
Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google
meet dan e-campus § Ceramah § Diskusi § Tanya jawab |
Kuliah [TM : 1x(2x50’)] Praktikum [1x(1x170’] Tugas [BT : 1x(2x60’)] [BM : 1x(2x60’)] |
§ Mahasiswa Membangun Konteks Teks § Menelusuri dan Menganalisis Model Teks Akademik |
Kriteria: Sikap, Penguasaan dan ketrampilan Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan
di kelas. |
7,14 |
|||||||
|
|
|
Asynchronous : Penugasan |
|
|
|
|||||||||
2 |
Memahami cara Mengeksplorasi Teks Akademik dalam Genre Makro |
Mahasiswa dapat menjelaskan cara
Mahasiswa dapat mengeksplorasi Teks Akademik |
Rencana Pel |
Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google
meet dan e-campus |
Kuliah [TM : 1x(2x50’)] Praktikum [1x(1x170’] |
§ Mahasiswa membangun Teks Akademik secara Bersama-sama |
Kriteria: Sikap, Penguasaan dan ketrampilan Bentuk non-test: |
7,14 |
|||||||
|
|
|
|
§
Ceramah |
|
|
|
||||||||
|
|
dalam Genre Makro secara tepat. |
|
§
Diskusi § Tanya jawab Asynchronous : Penugasan |
Tugas [BT : 1x(1x60’)] [BM : 1x(1x60’)] |
§ Mahasiswa membangun Teks Akademik secara Mandiri |
Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas. |
|
3 |
Memaham cara menjelajah dunia pustaka |
Mahasiswa dapat
menjelaskan cara Menjelajah Dunia Pustaka secara tepat. |
|
Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google
meet dan e-campus § Ceramah § Diskusi § Tanya jawab Asynchronous : Penugasan |
Kuliah [TM : 1x(2x50’)] Praktikum [1x(1x170’] Tugas [BT : 1x(1x60’)] [BM : 1x(1x60’)] |
§
Mahasis § Membangun Konteks Teks Ulasan Buku § Menelusuri dan Menganalisis Model Teks Ulasan Buku |
Kriteria: Sikap, Penguasaan dan ketrampilan Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas |
7,14 |
4 |
Memahami Memaham cara menjelajah dunia pustaka |
Mahasiswa dapat menjelaskan cara Menjelajah Dunia Pustaka secara tepat |
|
Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google
meet dan e-campus § Ceramah § Diskusi § Tanya jawab Asynchronous : Penugasan |
Kuliah [TM : 1x(2x50’)] Praktikum [1x(1x170’] Tugas [BT : 1x(1x60’)] [BM : 1x(1x60’)] |
§ Mahasiswa membangun Teks Ulasan Buku secara Bersama-sama § Membangun Teks Ulasan Buku secara Mandiri |
Kriteria: Sikap, Penguasaan dan ketrampilan Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas |
7,14 |
5 |
Memahami cara Mendesain Proposal Penelitian dan Proposal Kegiatan |
Mahasiswa dapat mendesain
Proposal Penelitian dan
Proposal Kegiatan |
|
Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google
meet dan e-campus § Ceramah § Diskusi § Tanya jawab |
Kuliah [TM : 1x(2x50’)] Praktikum [1x(1x170’] Tugas [BT : 1x(1x60’)] [BM : 1x(1x60’) |
Mahasiswa
membangun Konteks Teks
Proposal |
Kriteria: Sikap, Penguasaan dan ketrampilan Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas |
7,14 |
|
|
|
|
Asynchronous : Penugasan |
|
|
|
|
6 |
Memahami cara Mendesain Proposal Penelitian dan Proposal Kegiatan |
Mahasiswa dapat mendesain
Proposal Penelitian dan
Proposal Kegiatan |
|
Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google
meet dan e-campus § Ceramah §
Diskusi §
Tanya jawab Asynchronous : Penugasan |
Kuliah [TM : 1x(2x50’)] Praktikum [1x(1x170’] Tugas [BT : 1x(1x60’)] [BM : 1x(1x60’) |
Mahasiswa menelusuri dan Menganalisis Model Teks Proposal |
Kriteria: Sikap, Penguasaan dan ketrampilan Bentuk non-test:
Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas |
7,14 |
7 |
Memahami cara mendesain Proposal Penelitian dan Proposal Kegiatan |
Mahasiswa dapat mendesain
Proposal Penelitian dan
Proposal Kegiatan secara tepat |
|
Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google
meet dan e-campus § Ceramah §
Diskusi § Tanya jawab Asynchronous : Penugasan |
Kuliah [TM: 1x(2x50’)] Praktikum [1x(1x170’] Tugas [BT : 1x(1x60’)] [BM : 1x(1x60’)] |
§ Membangun Teks Proposal Secara Bersama-sama § Membangun Teks proposal secara mandiri (Menyusun proposal) |
Kriteria: Sikap, Penguasaan dan ketrampilan Bentuk non-test:
Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas |
7,14 |
U T S (Ujian Tertulis) |
||||||||
9 |
Memahami
cara melaporkan Hasil Penelitian dan Hasil Kegiatan |
Mahasiswa dapat melaporkan Hasil
Penelitian dan Hasil secara
tepat |
|
Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google
meet dan e-campus § Ceramah §
Diskusi § Tanya jawab Asynchronous : |
Kuliah [TM: 1x(2x50’)] Praktikum [1x(1x170’] Tugas [BT:1x(1x60’)] [BM: 1x(1x60’)] |
§ Membangun Konteks Teks Laporan § Menelusuri Model
dan menganalisis Teks Laporan |
Kriteria: Sikap, Penguasaan dan ketrampilan Bentuk non-test:
Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas |
7,14 |
|
|
|
|
Penugasan |
|
|
|
|
10. |
Memahami Melaporkan Hasil Penelitian
dan Hasil Kegiatan |
Mahasiswa dapat melaporkan Hasil Penelitian dan Hasil Kegiatan secara tepat |
|
Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google
meet dan e-campus § Ceramah § Diskusi § Tanya jawab Asynchronous : Penugasan |
Kuliah [TM : 1x(2x50’)] Praktikum [1x(1x170’] Tugas [BT : 1x(1x60’)] [BM : 1x(1x60’)] |
§ Membangun Teks Laporan secara Bersama- sama § Membangun Teks
Laporan secara Mandiri |
Kriteria: Sikap, Penguasaan dan ketrampilan Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas |
7,14 |
11. |
Mahasiswa dapat menjelaskan
Melaporkan Hasil Penelitian dan Hasil Kegiatan |
Mahasiswa dapat melaporkan Hasil Penelitian dan Hasil Kegiatan secara tepat |
|
Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google
meet dan e-campus § Ceramah §
Diskusi §
Tanya jawab Asynchronous : Penugasan |
Kuliah [TM : 1x(2x50’)] Praktikum [1x(1x170’] Tugas [BT : 1x(1x60’)] [BM : 1x(1x60’)] |
§ Membangun Teks Laporan secara Bersama- sama § Membangun Teks Laporan secara Mandiri |
Kriteria: Sikap, Penguasaan dan ketrampilan Bentuk non-test:
Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas |
7,14 |
12. |
Memahami cara Mengaktualisasi Diri Melalui Artikel Ilmiah |
Mahasiswa dapat menjelaskan
materi tentang Meng aktualisasi Diri Melalui Artikel Ilmiah secara tepat |
|
Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google
meet dan e-campus § Ceramah § Diskusi § Tanya jawab Asynchronous : Penugasan |
Kuliah [TM : 1x(2x50’)] Praktikum [1x(1x170’] Tugas [BT : 1x(1x60’)] [BM : 1x(1x60’)] |
Membangun
Konteks Teks Artikel llmiah |
Kriteria: Sikap, Penguasaan dan ketrampilan Bentuk non-test:
Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas |
7,14 |
13. |
Memahami
cara Mengaktualisasi Diri Melalui
Artikel Ilmiah |
Mahasiswa dapat menjelaskan
materi tentang Meng aktualisasi Diri Melalui Artikel Ilmiah secara tepat |
|
Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google
meet dan e-campus § Ceramah § Diskusi § Tanya jawab Asynchronous : Penugasan |
Kuliah [TM : 1x(2x50’)] Praktikum [1x(1x170’] Tugas [BT : 1x(1x60’)] [BM : 1x(1x60’)] |
Menelusuri dan Menganalisis Model Teks Artikel llmiah |
Kriteria: Sikap, Penguasaan dan ketrampilan Bentuk non-test:
Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas |
7,14 |
14. |
Memahami
cara Mengaktualisasi Diri Melalui
Artikel Ilmiah |
Mahasiswa dapat menjelaskan
materi tentang Meng aktualisasi Diri Melalui Artikel Ilmiah secara tepat |
|
Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google
meet dan e-campus §
Ceramah § Diskusi §
Tanya jawab Asynchronous : Penugasan |
Kuliah [TM : 1x(2x50’)] Praktikum [1x(1x170’] Tugas [BT : 1x(1x60’)] [BM : 1x(1x60’)] |
Membangun Teks Artikel
llmiah secara Bersama-
sama |
Sikap, Penguasaan dan ketrampilan Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas |
7,14 |
15. |
Memahami
cara Mengaktualisasi Diri Melalui
Artikel Ilmiah |
Mahasiswa dapat menjelaskan
materi tentang Meng aktualisasi Diri Melalui Artikel Ilmiah secara tepat |
|
Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google
meet dan e-campus § Ceramah § Diskusi § Tanya jawab Asynchronous : Penugasan |
Kuliah [TM : 1x(2x50’)] Praktikum [1x(1x170’] Tugas [BT : 1x(1x60’)] [BM : 1x(1x60’)] |
Membangun
Teks Artikel llmiah secara Mandiri |
Sikap, Penguasaan dan ketrampilan Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas |
7,14 |
U A S (Praktek ) |
Catatan :
1.
TM
: Tatap Muka,
BT : Belajar
Terstruktur, BM
: Belajar Mandiri
2.
[TM:
2x(2 x
50)] dibaca
: kuliah tatap
muka 2
kali (minggu)
x 2 sks
x 50 menit
= 200 menit
(6,67 jam)
3.
[BT:1x(2x60’)] dibaca
: belajar terstruktur
1kali (minggu)
x 2 sks
x 60 menit
= 120 menit
(2 jam)
[BM:1x(2x60’)] dibaca : belajar mandiri 1 kali (minggu) x 2 sks x 60
menit = 120 menit (2jam)
STRATEGI PERKULIAHAN
Perkuliahan
menggunakan strategi Student Active Learning, yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan,
antara lain mahasiswa melakukan analisis terhadap topik- topik
yang disajikan di dalam perkuliahan dan menyusunnya dalam bentuk makalah yang
disajikan dalam kelas. Kegiatan tersebut dilakukan secara individual dan kelompok. Dalam
pelaksanaan perkuliahan dosen berperan sebagai fasilitator
PERATURAN (TATA TERTIB)
1.
Mahasiswa
hadir dalam
perkuliahan minimal
80% dari jumlah
perkuliahan ideal
2.
Mengenakan
pakaian yang
rapi dan sopan selama perkuliahan.
3.
Mahasiswa
aktif berpartisipasi
selama perkuliahan
dan diskusi
4.
Mahasiswa
hadir di
kelas tepat
waktu, sesuai
jadwal perkuliahan
5.
Toleransi
keterlambatan adalah
15 menit. Jika
melewati batas waktu, mahasiswa dapat mengikuti
perkuliahan tetapi tidak
dicatat sebagai kehadiran
6.
Jika
tidak hadir
dalam perkuliahan,
mahasiswa wajib
menginformasikan alasan
ketidak hadiran dan menyampaikan bukti pendukung, missal:
surat dokter.
7.
Selama
perkuliahan berlangsung, alat komunikasi dalam mode silent.
8.
Meminta
izin dengan
cara mengangkat
tangan, jika
ingin berbicara,
bertanya, menjawab
pertanyaan, meninggalkan
kelas karena
ada keperluan.
9.
Saling
menghargai dan
tidak membuat
kegaduhan/gangguan/kerusakan dalam
kelas.
10.
Tidak
boleh ada
plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya
ASESMEN/EVALUASI
1.
Kuis
2.
Tes
tertulis
3.
Observasi
(kinerja/performance)
4.
Observasi
non akademik (kerjasama,
tanggung jawab, kemampuan
berkomunikasi)
5.
Portofolio
KOMPONEN DAN PROPORSI PENILAIAN
1.
Tugas................. 20%
2.
|
3.
Kehadiran.......... 30%
4.
UAS................... 30%
Konversi Nilai ke Huruf
Rentang Nilai |
Huruf |
Mutu |
85 – 100 |
A |
4,00 |
80,00 - 84,99 |
A- |
3,70 |
75,00 - 79,99 |
B+ |
3,30 |
70,00 - 74,99 |
B |
3,00 |
65,00 - 69,99 |
B- |
2,70 |
60,00 - 64,99 |
C+ |
2,30 |
55,00 - 59,99 |
C |
2,00 |
50,00 - 54,99 |
C- |
1,70 |
45,00 - 49,99 |
D |
1,00 |
0 - 44,99 |
E |
0 |
Komentar
Posting Komentar