RPS Bahasa Indonesia

 

 

LOGO UMJ  JPEG.jpg

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Jln. K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur Kota Tanggerang Selatan, Banten

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH

KODE

Bobot (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Bahasa Indonesia (MKU)

Xx

3

xx

xx

OTORISASI

Dosen Pengampu Mata Kuliah

Gugus Kendali Mutu

Ka Prodi

 

 

Xx

 

xx

 

 

Xx

CPL

Sikap:

S3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

S4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

Pengetahuan

PP14. Menguasai pengetahuan bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai EYD.

 

Keterampilan Umum:

KU11. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pertanggungjawaban layanan dan pengembangan profesi melalui riset.

KU12. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri

KU13. Mampu berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan profesi atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang profesinya

KU15. Mampu dan terampil dalam menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tulisan

Keterampilan Khusus:

Mampu dan terampil dalam menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tulisan

Deskripsi Singkat MK

Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswi untuk dapat mengeksplorasi teks akademik dalam genre makro,

menjelajah dunia pustaka, mendesain proposal penelitian dan proposal kegiatan, dapat melaporkan hasil penelitian dan hasil kegiatan, serta dapat mengaktualisasi diri melalui artikel ilmiah


 

Bahan Kajian

1.          Pertemuan Awal: Pembagian Kelompok

2.          Sejarah Bahasa Indonesia

3.          Ragam Bahasa Indonesia

4.          Ejaan yang Disempurnakan (EYD)

5.          Kalimat dan Kalimat Efektif

6.          Paragraf

7.          Topik, Tema, Judul, dan Kerangka Karangan

8.          UTS

9.          Karya Ilmiah

10.      Makalah Ilmiah

11.      Proposal Ilmiah

12.      Kutipan, Catatan Kaki, dan Daftar Pustaka

13.      Opini dan Fakta

14.      Resensi

15.      Diksi dan Gaya Bahasa Jurnalistik

16.      UAS

Pustaka

Utama :

 

1.     Ditjenbelmawa (2019). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi Cetakan I. Jakarta: Kemenristekdikti

2.     Muttaqillah, Ahmad (2021). Bahasaku Bahasa Indonesia. Tangerang: Wafi Media Tama.

3.     Nuryani, Rina dan Khaerunnisa. (2018). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Surakarta: Chalief Press

4.     Setiawati E., Dewi KP., Budiana N. (2017). Bahasa Indonesia Akademik. Malang: UB Press

5.     -----------------------. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (download di http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/PUEBI.pdf)

 

Pendukung :

 

1.         Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI

2.         Awalludin. (2017). Pengantar Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Deepublish

3.         Wahyudi, Isnaeni Praptanti, & Bivit Anggoro Prasetyo Nugroho. (2017). Bahasa Indonesia Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit Andi

4.         Sobariah, Engkay. (2016). EYD dan Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Hyphen Publishing

5.         Prima Gusti Yanti, Fairul Zabadi & Fauzi Rahman. (2016). Bahasa Indonesia, Konsep Dasar dan Penerapan. Jakarta: Grasindo

Media Pembelajaran

Perangkat lunak :

Perangkat keras :

Jika Online via Google Meet dan e-campus

Laptop

Team Teaching

-

Matakuliah Syarat

-

Spirit Islam: Al-hujurat:6

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنْ جَاۤءَكُمْ فَاسِقٌۢ بِنَبَاٍ فَتَبَيَّنُوْٓا اَنْ تُصِيْبُوْا قَوْمًا ۢ بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوْا عَلٰى مَا فَعَلْتُمْ نٰدِمِيْنَ ۝٦


LOGO UMJ  JPEG.jpg

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Jln. K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur Kota Tanggerang Selatan, Banten

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH

KODE

Bobot (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Bahasa Indonesia (MKU)

Xx

3

xx

xx

OTORISASI

Dosen Pengampu Mata Kuliah

Gugus Kendali Mutu

Ka Prodi

 

Xx

 

 

xx

Mg Ke-

CPMK

(sbg kemampuan

akhir yg diharapkan)

 

Indikator

Bahan Kajian

Metode Pembelajaran

Estimasi Waktu (Menit)

Pengalaman Belajar

Kriteria & Teknik Penilaian

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

1

Memahami cara Mengeksplorasi Teks Akademik dalam Genre Makro

Mahasiswa dapat menjelaskan cara Mengeksplorasi Teks Akademik dalam Genre Makro secara tepat

 

Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google meet dan e-campus

§  Ceramah

§  Diskusi

§  Tanya jawab

Kuliah

[TM : 1x(2x50’)]

 

Praktikum

[1x(1x170’]

Tugas

[BT : 1x(2x60’)]

[BM : 1x(2x60’)]

§ Mahasiswa Membangun Konteks Teks

§ Menelusuri dan Menganalisis Model Teks Akademik

Kriteria:

Sikap, Penguasaan dan ketrampilan

 

Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas.

7,14

 

 

 

Asynchronous :

Penugasan

 

 

 

2

Memahami cara Mengeksplorasi Teks Akademik dalam Genre Makro

Mahasiswa dapat menjelaskan cara Mahasiswa dapat mengeksplorasi

Teks Akademik

Rencana Pel

Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google meet dan e-campus

Kuliah

[TM : 1x(2x50’)]

Praktikum

[1x(1x170’]

§ Mahasiswa membangun Teks Akademik secara Bersama-sama

Kriteria:

Sikap, Penguasaan dan ketrampilan

Bentuk non-test:

7,14

 

 

 

 

§  Ceramah

 

 

 


 

 

 

dalam Genre Makro secara tepat.

 

§  Diskusi

§  Tanya jawab

 

Asynchronous :

Penugasan

Tugas

[BT : 1x(1x60’)]

[BM : 1x(1x60’)]

§ Mahasiswa membangun Teks Akademik secara Mandiri

Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas.

 

3

Memaham                cara

menjelajah               dunia pustaka

Mahasiswa dapat menjelaskan cara Menjelajah Dunia Pustaka secara tepat.

 

Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google meet dan e-campus

§  Ceramah

§  Diskusi

§  Tanya jawab

 

Asynchronous :

Penugasan

Kuliah

[TM : 1x(2x50’)]

 

Praktikum

[1x(1x170’]

 

Tugas

[BT : 1x(1x60’)]

[BM : 1x(1x60’)]

§ Mahasis

§ Membangun Konteks Teks Ulasan Buku

§ Menelusuri dan Menganalisis Model Teks Ulasan Buku

Kriteria:

Sikap, Penguasaan dan ketrampilan

Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas

7,14

4

Memahami Memaham               cara

menjelajah               dunia pustaka

Mahasiswa dapat menjelaskan cara Menjelajah Dunia Pustaka secara tepat

 

Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google meet dan e-campus

§  Ceramah

§  Diskusi

§  Tanya jawab

Asynchronous :

Penugasan

Kuliah

[TM : 1x(2x50’)]

Praktikum

[1x(1x170’]

 

Tugas

[BT : 1x(1x60’)]

[BM : 1x(1x60’)]

§ Mahasiswa membangun Teks Ulasan Buku secara Bersama-sama

§ Membangun Teks Ulasan Buku secara Mandiri

Kriteria:

Sikap, Penguasaan dan ketrampilan

Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas

7,14

5

Memahami cara Mendesain Proposal Penelitian               dan Proposal Kegiatan

Mahasiswa dapat mendesain Proposal Penelitian dan Proposal Kegiatan

 

Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google meet dan e-campus

§  Ceramah

§  Diskusi

§  Tanya jawab

Kuliah

[TM : 1x(2x50’)]

 

Praktikum

[1x(1x170’]

 

Tugas

[BT : 1x(1x60’)]

[BM : 1x(1x60’)

Mahasiswa membangun Konteks Teks Proposal

Kriteria:

Sikap, Penguasaan dan ketrampilan

Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas

7,14


 

 

 

 

 

Asynchronous :

Penugasan

 

 

 

 

6

Memahami cara Mendesain Proposal Penelitian               dan Proposal Kegiatan

Mahasiswa dapat mendesain Proposal Penelitian dan Proposal Kegiatan

 

Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google meet dan e-campus

§  Ceramah

§  Diskusi

§  Tanya jawab

 

Asynchronous :

Penugasan

Kuliah

[TM : 1x(2x50’)]

 

Praktikum

[1x(1x170’]

 

Tugas

[BT : 1x(1x60’)]

[BM : 1x(1x60’)

Mahasiswa menelusuri dan Menganalisis Model Teks Proposal

Kriteria:

Sikap, Penguasaan dan ketrampilan

 

Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas

7,14

7

Memahami cara mendesain Proposal Penelitian               dan Proposal Kegiatan

Mahasiswa dapat mendesain Proposal Penelitian dan Proposal Kegiatan secara tepat

 

Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google meet dan e-campus

§  Ceramah

§  Diskusi

§  Tanya jawab

 

Asynchronous :

Penugasan

Kuliah

[TM: 1x(2x50’)]

 

Praktikum

[1x(1x170’]

Tugas

[BT : 1x(1x60’)]

[BM : 1x(1x60’)]

§ Membangun Teks Proposal Secara Bersama-sama

§ Membangun Teks proposal secara mandiri (Menyusun proposal)

Kriteria:

Sikap, Penguasaan dan ketrampilan

 

Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas

7,14

U T S

(Ujian Tertulis)

9

Memahami cara melaporkan Hasil Penelitian dan Hasil Kegiatan

Mahasiswa dapat melaporkan Hasil Penelitian dan Hasil secara tepat

 

Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google meet dan e-campus

§  Ceramah

§  Diskusi

§  Tanya jawab

 

Asynchronous :

Kuliah [TM: 1x(2x50’)]

Praktikum [1x(1x170’]

Tugas

[BT:1x(1x60’)]

[BM: 1x(1x60’)]

§ Membangun Konteks Teks Laporan

§ Menelusuri Model dan menganalisis Teks Laporan

Kriteria:

Sikap, Penguasaan dan ketrampilan

 

Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas

7,14


 

 

 

 

 

Penugasan

 

 

 

 

10.

Memahami Melaporkan Hasil Penelitian dan Hasil Kegiatan

Mahasiswa dapat melaporkan Hasil Penelitian dan Hasil Kegiatan secara tepat

 

Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google meet dan e-campus

§  Ceramah

§  Diskusi

§  Tanya jawab

Asynchronous :

Penugasan

Kuliah

[TM : 1x(2x50’)]

 

Praktikum

[1x(1x170’]

 

Tugas

[BT : 1x(1x60’)]

[BM : 1x(1x60’)]

§ Membangun Teks Laporan secara Bersama- sama

§ Membangun Teks Laporan secara Mandiri

Kriteria:

Sikap, Penguasaan dan ketrampilan

Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas

7,14

11.

Mahasiswa dapat menjelaskan Melaporkan Hasil Penelitian dan Hasil Kegiatan

Mahasiswa dapat melaporkan Hasil Penelitian dan Hasil Kegiatan secara tepat

 

Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google meet dan e-campus

§  Ceramah

§  Diskusi

§  Tanya jawab

 

Asynchronous :

Penugasan

Kuliah

[TM : 1x(2x50’)]

 

Praktikum

[1x(1x170’]

 

Tugas

[BT : 1x(1x60’)]

[BM : 1x(1x60’)]

§ Membangun Teks Laporan secara Bersama- sama

§ Membangun Teks Laporan secara Mandiri

Kriteria:

Sikap, Penguasaan dan ketrampilan

 

Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas

7,14

12.

Memahami cara Mengaktualisasi Diri Melalui Artikel Ilmiah

Mahasiswa dapat menjelaskan materi tentang Meng aktualisasi Diri Melalui Artikel Ilmiah secara tepat

 

Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google meet dan e-campus

§  Ceramah

§  Diskusi

§  Tanya jawab

 

Asynchronous :

Penugasan

Kuliah

[TM : 1x(2x50’)]

 

Praktikum

[1x(1x170’]

Tugas

[BT : 1x(1x60’)]

[BM : 1x(1x60’)]

Membangun Konteks Teks Artikel llmiah

Kriteria:

Sikap, Penguasaan dan ketrampilan

 

Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas

7,14


 

13.

Memahami cara Mengaktualisasi Diri Melalui Artikel Ilmiah

Mahasiswa dapat menjelaskan materi tentang Meng aktualisasi Diri Melalui Artikel Ilmiah secara tepat

 

Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google meet dan e-campus

§  Ceramah

§  Diskusi

§  Tanya jawab

 

Asynchronous :

Penugasan

Kuliah

[TM : 1x(2x50’)]

 

Praktikum

[1x(1x170’]

Tugas

[BT : 1x(1x60’)]

[BM : 1x(1x60’)]

Menelusuri dan Menganalisis Model Teks Artikel llmiah

Kriteria:

Sikap, Penguasaan dan ketrampilan

 

Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas

7,14

14.

Memahami cara Mengaktualisasi Diri Melalui Artikel Ilmiah

Mahasiswa dapat menjelaskan materi tentang Meng aktualisasi Diri Melalui Artikel Ilmiah secara tepat

 

Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google meet dan e-campus

§  Ceramah

§  Diskusi

§  Tanya jawab Asynchronous : Penugasan

Kuliah

[TM : 1x(2x50’)]

 

Praktikum

[1x(1x170’]

 

Tugas

[BT : 1x(1x60’)]

[BM : 1x(1x60’)]

Membangun Teks Artikel llmiah secara Bersama- sama

Sikap, Penguasaan dan ketrampilan

Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas

7,14

15.

Memahami cara Mengaktualisasi Diri Melalui Artikel Ilmiah

Mahasiswa dapat menjelaskan materi tentang Meng aktualisasi Diri Melalui Artikel Ilmiah secara tepat

 

Synchronous : Offline/Online Menggunakan aplikasi google meet dan e-campus

§  Ceramah

§  Diskusi

§  Tanya jawab

 

Asynchronous :

Penugasan

Kuliah

[TM : 1x(2x50’)]

Praktikum

[1x(1x170’]

 

Tugas

[BT : 1x(1x60’)]

[BM : 1x(1x60’)]

Membangun Teks Artikel llmiah secara Mandiri

Sikap, Penguasaan dan ketrampilan

Bentuk non-test: Penilaian berdasarkan keaktifan di kelas

7,14

U A S

(Praktek )


Catatan :

1.         TM : Tatap Muka, BT : Belajar Terstruktur, BM : Belajar Mandiri

2.         [TM: 2x(2 x 50)] dibaca : kuliah tatap muka 2 kali (minggu) x 2 sks x 50 menit = 200 menit (6,67 jam)

3.         [BT:1x(2x60’)] dibaca : belajar terstruktur 1kali (minggu) x 2 sks x 60 menit = 120 menit (2 jam)

[BM:1x(2x60’)] dibaca : belajar mandiri 1 kali (minggu) x 2 sks x 60 menit = 120 menit (2jam)

 

STRATEGI PERKULIAHAN

Perkuliahan menggunakan strategi Student Active Learning, yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan, antara lain mahasiswa melakukan analisis terhadap topik- topik yang disajikan di dalam perkuliahan dan menyusunnya dalam bentuk makalah yang disajikan dalam kelas. Kegiatan tersebut dilakukan secara individual dan kelompok. Dalam pelaksanaan perkuliahan dosen berperan sebagai fasilitator

PERATURAN (TATA TERTIB)

1.         Mahasiswa hadir dalam perkuliahan minimal 80% dari jumlah perkuliahan ideal

2.         Mengenakan pakaian yang rapi dan sopan selama perkuliahan.

3.         Mahasiswa aktif berpartisipasi selama perkuliahan dan diskusi

4.         Mahasiswa hadir di kelas tepat waktu, sesuai jadwal perkuliahan

5.         Toleransi keterlambatan adalah 15 menit. Jika melewati batas waktu, mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan tetapi tidak dicatat sebagai kehadiran

6.         Jika tidak hadir dalam perkuliahan, mahasiswa wajib menginformasikan alasan ketidak hadiran dan menyampaikan bukti pendukung, missal: surat dokter.

7.         Selama perkuliahan berlangsung, alat komunikasi dalam mode silent.

8.         Meminta izin dengan cara mengangkat tangan, jika ingin berbicara, bertanya, menjawab pertanyaan, meninggalkan kelas karena ada keperluan.

9.         Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/kerusakan dalam kelas.

10.    Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya

 

 

ASESMEN/EVALUASI

1.         Kuis

2.         Tes tertulis

3.         Observasi (kinerja/performance)

4.         Observasi non akademik (kerjasama, tanggung jawab, kemampuan berkomunikasi)

5.         Portofolio

 

KOMPONEN DAN PROPORSI PENILAIAN

1.         Tugas................. 20%


2.        

ARSIP UMJ

 
UTS................... 20%

3.         Kehadiran.......... 30%

4.         UAS................... 30%

 

 

 

 

Konversi Nilai ke Huruf

Rentang Nilai

Huruf

Mutu

85 100

A

4,00

80,00 - 84,99

A-

3,70

75,00 - 79,99

B+

3,30

70,00 - 74,99

B

3,00

65,00 - 69,99

B-

2,70

60,00 - 64,99

C+

2,30

55,00 - 59,99

C

2,00

50,00 - 54,99

C-

1,70

45,00 - 49,99

D

1,00

0      - 44,99

E

0

 Sejarah Bahasa Indonesia



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL AKHIR SEMESTER KELAS 4 SD BESERTA KUNCI JAWABAN

Jenis-Jenis kalimat Majemuk Setara

Kisi-Kisi Soal Akhir Semester Kelas 4